Review: Oriflame Very Me Just BB Bliss Balm

Eheeem…. ini baru pertama kalinya aku review produk-produk kosmetik. Meskipun udah nyoba banyak produk tapi males bikin review. Tapi setelah banyak teman-teman beli produk yang akhirnya mengecewakan mereka karena di iklan dan di kenyataannya nggak sama, akhirnya ane membuat keputusan untuk melakukan review atas semua produk kosmetik yang ane coba.

OK. Di kesempatan ini aku mau review produk yang baru aja ane beli gegara produk yang sejenis dari merek Wardah udah habis. Pas lihat di katalog Oriflame jenis produk fenomenal ini muncul, akhirnya ane nyoba karena difikiran ane semua produk BB cream pasti menyamarkan ketidaksempurnaan (kalau di ane, sih, bintik-bintik hitam di sekitar pipi). Di katalog bulan Oktober 2015 waktu itu harganyapun lagi promo.

Kalau di keterangan produk di katalog dituliskan kelebihan produk ini antara lain:

  1. Menjaga kelembaban
  2. Menjaga kehalusan
  3. Membantu mencerahkan
  4. Membantu meratakan warna
  5. Menyamarkan ketidaksempurnaan
  6. Melindungi
  7. Coverage medium
  8. Membantu menyerap minyak

TAPI, mungkin bagi orang dengan kondisi kulit dan aktivitas seperti diriku banyak ketidaksesuaian detail produk dengan aslinya saat digunakan.

Untuk informasi, jenis kulitku ini:

  1. Pori-porinya besar
  2. Berkomedo
  3. White head di dagu banyak
  4. Kemerahan
  5. Ada bintik-bintik hitam yang lumayan
  6. Gampang berkeringat, otomatis berminyak juga. Apalagi aku suka hang out dan “out” di sini artinya outdoor alias di luar ruangan dan terkadang padat aktivitas.

Berikut ini adalah foto perbandingan wajah ane, ya…

Ini cuma pakai bedak baby. BTW aku yang jilbab merah

https://fbcdn-photos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xap1/v/t1.0-0/p320x320/10352614_10201087370265688_6179062092324507876_n.jpg?efg=eyJpIjoiYiJ9&oh=b5d0e68aa7e454450b8ffdaf2051b211&oe=56B020A0&__gda__=1458836251_272618a9f9cd3db812b3a4f42f061bb6

Ini yang pakai bedak padat. Tuh, liat, mata pandanya aja masih nampak, bintin-bintik hitamnya juga. Cuma kemerahan aja yang tersamarkan.

https://fbcdn-photos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xtf1/v/t1.0-0/p320x320/1016756_10201794776430400_7328915705699652197_n.jpg?efg=eyJpIjoiYiJ9&oh=8adc38392932843dec9471d043a37e2b&oe=56B034BD&__gda__=1454844588_3d0998587b72eaadcc761b9553c57e95

Sekarang ini yang pakai Very Me BB + bedak padat karena coveragenya low. Kemerahan nggak berkurang, bintik hitam tetap nampak dan warna wajah nggak merata. Ini aku foto jam 10:45 pemakaian produk jam 07:55. Udah agak luntur karena keringetan nyapu dan ngepel. Tapi dewynya lumayan asik

KODAK Digital Still Camera
KODAK Digital Still Camera

Kalau yang ini bener-bener yang ultimate. Pakai CC cream Oriflame + BB cream Wardah + pencahayaan asik (lupa aku waktu itu siang2 atau sore) hahahaha

https://fbcdn-photos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/v/t1.0-0/p320x320/12189688_10203752353288598_2277044945220511248_n.jpg?efg=eyJpIjoiYiJ9&oh=a2859f5517e195fa250494dbb09dc05a&oe=56B8E08C&__gda__=1454209657_d1f34d30f03b161401375d447612810f

Efek produk ini sama kulit wajahku… mmm… nggak banyak, sih. Karena yang terasa sama diriku cuma menutupi wajah aja, gitu. Sama kayak pakai bedak padat, bedanya bedak itu bubuk sedangkan bb cream ini creamy.

Aku akan mereview detail “Kelebihan Produk” yang disebutkan di katalog, ya. Sekali lagi, ini berlaku pada jenis kulitku, kalau jenis kulit lain aku nggak tau, ya 😀

  • Menjaga kelembaban

Untuk poin ini aku setuju. Memang melembabkan banget, jadi nggak perlu pakai pelembab bagi yang kulitnya berminyak karena hasilnya malah nggak bagus. Apalagi kalau keringetan. Udah kayak ikan goreng. Berminyak banget.

  • Menjaga kehalusan

Hmmm… sepanjang aku menggunakan 3 jenis BB Cream dari 3 merk yang berbeda termasuk Oriflame Very Me ini, wajahku nggak kerasa halus, tapi lengket. Tapi overall Oriflame Very Me ini memang agak lebih halus dari kedua produk yang aku gunakan sebelumnya.

  • Membantu mencerahkan

Membantu mencerahkan, SETUJU. TAPI di antara ketiga produk yang aku coba, Oriflame Very Me ini yang tingkat pencerahannya (caelah… kek dukun aja) paling rendah. Produk BB pertama yang aku gunakan adalah merk WARDAH, merk ini tingkat pencerahannya paling tinggi di antara 3 produk yang aku coba dan cerahnya asik, produk kedua adalah PIXY yang tingkat pencerahannya medium karena lumayan kelihatan seperti menggunakan base make up. Tapi untuk yang ketiga alias Very Me ini, rendah banget tingkat pencerahannya. Mmmm… kayak nggak pakai base make-up, gitu. Karena perbedaannya bener-bener kecil banget. Dalam skala 10, WARDAH ada di skala 7, PIXY 5, dan Very Me 2. Kenapa 2? Karena pakai bedak baby sama pakai ini BB Cream hasil warna kulitnya sama.

  • Membantu meratakan warna

Nggak setuju banget. Why? Kulitku ini kemerahan, jadi aku biasa menggunakan produk yang bisa mengurangi tampilah merah kulitku. Produk ini nggak aku rekomendasikan bagi kalian yang kulitnya agak merah-merah. Soalnya sekali, dua kali  oles warna merahnya tetep nggak tercover sempurna.

  • Menyamarkan ketidaksempurnaan

Nggak setuju juga. Jika produk menawarkan fungsi “MENYAMARKAN KETIDAKSEMPURNAAN” maka produsen harusnya tahu bahwa ketidaksempurnaan di kulit wajah pada umumnya adalah bintik hitam, jerawat, kemerahan, pori-pori besar. Itulah masalah umum yang paling sering dijumpai. Tapi produk ini nggak memberikan solusi bagi masalah yang sangat UMUM ini. Mau dioles menggunakan spons, kuas, ataupun jari tetap saja masalah UMUM itu tidak tersamarkan. Paling, ya, pori-pori terlihat agak kecil aja.

  • Melindungi

Melindungi tapi SPFnya cukup rendah untuk kategori BB Cream pada umumnya, dan dengan standar harganya. Karena SPFnya hanya 12, dan tidak ada PAA++nya

  • Coverage medium

SALAH BESAR. Coveragenya SUPER LOW. Telah saya uji.

  • Membantu menyerap minyak

Tidak benar juga. Karena baru beberapa jam saja mukaku sudah jadi kilang minyak.

SO….. dari review yang aku buat, dapat disimpulkan kelebihan dan kekurangan dari Oriflame Very Me Just BB Bliss Balm

Kelebihan:

  • Super ringan di kulit
  • Aromanya menyegarkan
  • Texturenya tidak terlalu creamy
  • Lembab di kulit
  • Kemasannya lumayan kuat di banding BB Cream merk lain

Kekurangan:

  • Low coverage. Nggak menutupi dengan baik
  • Perlindungan dari sinar UV rendah SPF 12 dibanding BB Cream pada umumnya yang SPF 30 atau bahkan lebih dan bahkan rata-rata memiliki PA+++ namun Very Me tidak ada
  • Sangat muah luntur. Keringatan sedikit, niscaya warna kulit belang
  • Harganya terlalu mahal untuk standar BB Cream Low Coverage

Baiklah, itu dia review produk dariku. Selamat membaca dan meresapi. No harsh comment, ya…

BTW, semua foto yang aku upload tidak mengandung efek-efek picture editor, ya. Hanya efek pencahayaan naturalnya. Dan lagi, semua produk BB dan CC yang aku gunakan selalu warna yang paling cerah karena kulit wajahku lumayan putih.

Leave a Reply

