Tes Untuk Mengetahui Gaya Belajarmu

gaya belajar

Ada beberapa pertanyaan di bawah ini yang harus kamu jawab dengan jujur, ya. Ingat, JANGAN GALAU pas jawab!!! Aku dapat kuesioner ini dari website UT / Universitas Terbuka. Karena aku mahasiswi UT jadi aku bisa akses, tapi aku mau kalian juga bisa tau gaya belajar kalian sendiri. Kalau aku, sih banyakan jawab yang (B) hahahaha…

Langsung aja, ya

  1. Ketika berbicara, kecenderungan gaya berbicara saya…
    1. Cepat
    2. Berirama
    3. Lambat
  2. Saya …
    1. Mampu merencanakan dan mengatur kegiatan jangka panjang dengan baik
    2. Mampu mengulang dan menirukan nada, perubahan, dan warna suara
    3. Mahir dalam mengerjakan puzzle, teka-teki, menyusun potongan-potongan gambar
  3. Saya dapat mengingat dengan baik informasi yang…
    1. Tertulis di papan tulis atau yang diberikan melalui tugas membaca
    2. Disampaikan melalui penjelasan guru, diskusi, atau rekaman
    3. Diberikan dengan cara menuliskannya berkali-kali
  4. Saya menghafal sesuatu…
    1. Dengan membayangkannya
    2. Dengan mengucapkannya dengan suara yang keras
    3. Sambil berjalan dan melihat-lihat keadaan sekeliling
  5. Saya merasa sulit…
    1. Mengingat perintah lisan kecuali dituliskan
    2. Menulis tetapi pandai bercerita
    3. Duduk tenang untuk waktu yang lama
  6. Saya lebih suka…
    1. Membaca daripada dibacakan
    2. Mendengar daripada membaca
    3. Menggunakan model dan praktek atau praktikum
  7. Saya suka…
    1. Mencoret-coret selama menelepon, mendengarkan musik, atau menghadiri rapat
    2. Membaca keras-keras dan mendengarkan musik / pembicaraan
    3. Mengetuk-ngetuk pena, jari, atau kaki saat mendengarkan musik / pembicaraan
  8. Saya lebih suka melakukan…
    1. Demonstrasi daripada berpidato
    2. Diskusi dan berbicara panjang lebar
    3. Berolahraga dan kegiatan fisik lainnya
  9. Saya lebih suka…
    1. Seni rupa daripada musik
    2. Musik daripada seni rupa
    3. Olahraga dan kegiatan fisik lainnya
  10. Ketika mengerjakan sesuatu, saya selalu….
    1. Mengikuti petunjuk dan gambar yang disediakan
    2. Membicarakan dengan orang lain atau berbicara sendiri keras-keras
    3. Mencari tahu cara kerjanya sambil mengerjakannya
  11. Konsentrasi saya terganggu oleh..
    1. Ketidakteraturan atau gerakan
    2. Suara atau keributan
    3. Kegiatan di sekeliling
  12. Saya lebih mudah belajar melalui kegiatan…
    1. Membaca
    2. Mendengarkan dan berdiskusi
    3. Praktek atau praktikum
  13. Saya berbicara dengan…
    1. Singkat dan tidak senang mendengarkan pembicaraan panjang
    2. Cepat dan senang mendengarkan
    3. Menggunakan isyarat-isyarat tubuh dan gerakan-gerakan ekspresif
  14. Untuk mengetahui suasana hati seseorang, saya…
    1. Melihat ekspresi wajahnya
    2. Mendengarkan nada suaranya
    3. Memperhatikan gerakan badannya
  15. Untuk mengisi waktu luang, saya lebih suka…
    1. Menonton televisi atau menyaksikan pertunjukan
    2. Mendengarkan radio, musik, atau membaca
    3. Melakukan permainan atau bekerja menggunakan tangan
  16. Ketika mengajarkan sesuatu kepada orang lain, saya lebih suka..
    1. Menunjukkannya
    2. Menceritakannya
    3. Mendemonstrasikannya dan meminta mereka untuk mencobanya

Dari jawaban-jawaban yang kalian pilih, hitung jawaban mana yang paling banyak kalian pilih. A, B, atau C, atau ada yang sama banyak, lalu cocokkan sama di bawah ini

  • Apabila jawaban yang paling banyak adalah A, berarti Anda memiliki kecenderungan gaya belajar visual.
    Anda dengan kecenderungan gaya belajar visual akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila memanfaatkan kemampuan visual Anda.  Anda dapat membuat sendiri peta konsep atau ringkasan materi perkuliahan.
  • Apabila jawaban yang paling banyak adalah B, berarti Anda memiliki kecenderungan gaya belajar auditori.
    Anda yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila Anda mempelajari materi perkuliahan dari mendengarkan baik melalui penjelasan langsung dari dosen, diskusi dengan dosen dan teman mahasiswa, maupun melalui rekaman materi yang sedang dipelajari.
  • Apabila jawaban yang paling banyak adalah C, berarti Anda memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik.
    Anda dengan gaya belajar kinestetik akan mencapai prestasi belajar secara optimal apabila Anda terlibat langsung secara fisik dalam kegiatan belajar.  Anda dapat mengutak-atik atau memanipulasi materi perkuliahan atau media yang digunakan dalam menjelaskan materi perkuliahan.
  • Apabila jawaban A dan B sama banyak, berarti Anda memiliki gabungan gaya belajar visual dan auditori.
    Ada hal tertentu yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual, dan ada hal lain yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar auditori. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.
  • Apabila jawaban A dan C sama banyak, Anda memiliki gabungan gaya belajar visual dan kinestetik.
    Ada hal tertentu yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual, dan ada hal lain yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.
  • Apabila jawaban B dan C sama banyak, berarti Anda memiliki gabungan gaya belajar auditori dan kinestetik.
    Ada hal tertentu yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar auditori, dan ada hal lain yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal.

Selamat mencoba, ya^^

Leave a Reply

